obat diare

Diare merupakan penyakit umum yang terjadi pada berbagai kalangan. Diare ini memiliki 2 jenis yaitu diare dengan dehidrasi berat dan ada juga diare dengan dehidrasi ringan. Pada umumnya pengidap penyakit diare ini dialami oleh anak-anak dan orang dewasa. Namun bagaimana jika ini terjadi pada seorang bayi, lalu bagaimana cara mengetahui bahwa bayi tersebut diare ?

Diare disebabkan oleh karena memakan makanan yang kotor yang terkena debu dan terkontaminasi oleh bakteri. Namun bagaimana dengan bayi yang terkena diare ? apakah itu juga disebabkan oleh karena memakan makanan yang terkontaminasi dengan bakteri ?

Berikut ini adalah hal yang perlu anda ketahui beserta cara mengatasi diare pada bayi:

  1. Kenali Tanda-tandanya

Jika seorang bayi buang air besar yang disertai dengan banyak air selama 8 jam terakhir, maka dapat dipastikan bayi tersebut mengalami diare. Bayi akan terkena diare dikarenakan oleh beberapa sebab seperti pemberian susu formula yang tidak cocok, tinggal di tempat dengan udara dingin atau bisa jadi keracunan dari makanan. Penganganan diare untuk anak kecil bisa dilakukan oleh anda sendiri dirumah, sebelum anda konsultasikan ke dokter.

  1. Makanan Yang Harus Diberikan

Bayi yang mengalami diare akan kehilangan banyak sekali cairan pada tubuhnya. Untuk itu sang ibu harus memberikan asupan nutrisi cairan. Berikan bayi anda asupan ASI yang baik atau susu formula. Namun jika bayi tersebut mengalami diare setelah diberikan susu asi atau susu formula, bisa dipastikan bahwa pencernaannya tidak bisa menerima nutrisi dengan baik dan tentunya perlu dikonsultasikan dengan dokter atau bidan yang berada di dekat anda.

  1. Berikan Air Putih

Jika si bayi tidak memiliki nafsu makan, maka lebih baik di beri asupan air putih saja. Air putih tersebut akan meredakan diare pada si kecil, mengingat air putih sangatlah bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

  1. Jaga Pola Makan Ibu

Dalam memberikan ASI terhadap si kecil, ibu harus mengkonsumsi makanan yang sehat, karena pengaruh ASI terhadap kesehatan anak sangatlah berpengaruh besar.

Lakukan hal tersebut untuk mengetasi diare pada bayi agar bayi anda sehat kembali. Semoga bermanfaat, terimakasih.


Cara Pengobatan Flu Tanpa Harus Ke Dokter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *