penyebab batuk berdarah

Batuk berdarah adalah batuk yang disertai dengan darah. Batuk berdarah ini bisa dialami oleh siapa saja termasuk anak-anak. Batuk berdarah adalah penyakit yang serius yang menandakan bahwa ada yang terganggu dalam tubuh manusia. Penanganan terhadap penyakit batuk berdarah harus dilakukan secepat mungkin, karena batuk berdarah merupakan penyakit yang tergolong serius dan bisa berakitab fatal bila dibiarkan begitu saja.

Jika diperhatikan, biasanya orang yang mengalami penyakit batuk berdarah selalu disertai dengan adanya flek-flek hitam dan dahak. Kondisi ini menandakan bahwa adanya infeksi yang terjadi pada paru-paru atau gangguan pada jantung.

Berikut adalah penyebab batuk berdarah yang perlu anda ketahui:

  1. Bronkitis

Bronkitis adalah gangguan pada jaringan pernapasan dan infeksi pada paru-paru. Penyakit semacam ini jika dibiarkan akan mengakibatkan penumpukan dahak dan flek-flek hitam pada paru-paru. Penyakit ini disebabkan karena adanya infeksi pada paru-paru dan banyaknya menghirup polusi udara.

  1. Tuberkulosis (TBC)

Tuberkulosis adalah salah satu golongan penyakit pada paru-paru. Tuberkulosis juga dapat mengakibatkan seseorang batuk berdarah.  Tuberkulosis merupakan penyakit infeksi paru-paru yang banyak dikenal sebagai penyakit paru-paru paling parah. Gejala yang dialami pada pengidap penyakit TBC adalah deman, sering berkeringat, kemudan disertai dengan batuk yang berdahak dan mengandung nanah, dan rasa sesak didada.

  1. Edema Paru-paru

Edema adalah gangguan pada paru-paru yang mengakibatkan batuk disertai dengan dahak berwarna merah berbusa. Edema paru-paru ini disebabkan oleh adanya pengendapan cairan disekitar paru-paru.

  1. Kanker Paru-paru

Penyebab utama batuk berdarah adalah kanker paru-paru. Kanker paru paru ini adalah penyakit yang akan menyerang bagi orang yang gemar sekali merokok. Biasanya penyakit ini akan menyerang perokok aktif yang usianya sudah 40 tahun.

  1. Kanker Tenggorokan

Kanker tenggorokan merupakan infeksi saluran tenggorokan yang diakibatkan oleh para perokok aktif juga.

Cara mengatasi semua itu adalah dengan cara rajin berolahraga, memakan makanan yang sehat seperti buah-buahan dan sayuran, menghindari gaya hidup merokok dan juga banyak mengkonsumsi air putih. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati.


Cara Pengobatan Flu Tanpa Harus Ke Dokter Capek Ditolak Kartu Kredit? Bikin Kartu Kredit Online Aja, Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *