Dalam dunia pemrograman, kita mungkin sudah familiar dengan bahasa pemrograman C, Java, dan html. Sebagian besar software yang saat ini anda pakai menggunakan bahasa tersebut sebagai bahasa pemrogramannya. Tapi ternyata, bahasa pemrograman yang ada bukan hanya bahasa pemrograman itu saja. Ada beberapa bahasa pemrograman yang aneh dan berbeda dari kebanyakan bahasa pemrograman yang ada atau disebut sebagai bahasa pemrograman esoterik.

Apa saja bahasa pemrograman paling aneh tersebut? Berikut ini adalah daftar bahasa pemrograman paling aneh yang menarik untuk anda ketahui.

  • Brainf*ck

Bahasa pemrograman Brainf*ck diciptakan oleh Urban Muller pada tahun 1993. Bahasa pemrograman ini diciptakan dengan tujuan agar dapat diimplemetasikan dengan kompiler terkecil. Beberapa kompiler Brainf*ck dibuat dengan ukuran kurang dari 200 byte. Bahasa pemrograman ini memang cukup sulit untuk dimengerti karena memiliki bentuk _task_ yang rumit dan urutan perintah yang diperlukan juga cukup panjang. Uniknya, bahasa pemrograman ini hanya memiliki delapan perintah yang terdiri dari: > < + _ . , [ ]

  • Malbolge

Bahasa pemrograman Malbolge dibuat oleh Ben Olmstead pada tahun 1998. Bahasa pemrograman ini dinamai sesuai dengan lingkaran ke delapan neraka di Date’s Inferno. Uniknya, Malbolge memang dibuat dengan maksud untuk menjadi bahasa pemrograman yang paling sulit untuk ditulis. Untuk membuat program pertama Malbolge muncul, butuh waktu dua tahun untuk menuliskannya. Dan bahkan hal tersebut tidak dilakukan oleh manusia, namun oleh sebuah software bernama Lisp.

  • Piet

Berbeda dengan bahasa pemrograman lain, bahasa pemrograman Piet tampak seperti grafis bitmap abstrak. Bahasa ini dilahirkan oleh David Morgan-Mar, dan ia menamakan bahasa ciptaannya ini berdasarkan seorang seniman abstrak geometris bernama Piet Mondrian. Bahasa pemrograman ini terdiri dari 20 warna, yaitu hitam, putih, dan 18 warna lainnya.

  • Velato

Setelah bahasa pemrograman yang serupa dengan gambar, kali ini ada bahasa pemrograman yang menjadikan file MIDI sebagai kode sumbernya. Bahasa tersebut adalah bahasa pemrograman Velato. Program doi Velato didefinisikan dengan nada dan urutan catatan. Yang menarik dari bahasa pemrograman ini adalah karena program ini tampak seperti lembaran not musik dan program yang telah dibuat juga dapat diperdengarkan seperti musik sebenarnya dengan memanfaatkan alat pemutar audio.

Itulah beberapa bahasa pemrograman paling aneh yang pernah ada. Apakah anda penasaran untuk mempelajari salah satunya?


3 Pengusaha Sukses di Indonesia Yang Menginspirasi Cara Belanja di Toko Online agar Aman dari Penipuan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *